Menanam Pohon Durian Dari Biji

1. Persiapan Biji Durian

Biji didapatkan dari sisa durian yang dikonsumsi keluarga (karena saya tidak suka durian :D). Ada durian yang dibeli di toserba, tukang durian di pinggir jalan, dan durian pemberian dari orang lain. Biji durian dibersihkan menggunakan air untuk menghilangkan daging durian dari biji, hal ini dilakukan agar tidak terjadi pembusukan pada biji durian, tapi menurut info dari orang kampung pada saat MUDIK kemaren coba pembibitan menggunkan biji durian beserta daging-dagingnya, agar hasil duriannya besar (hal ini belum saya coba, saya infokan kalo sudah berhasil).

2. Pembibitan Biji Durian

Pembibitan dilakukan di tanah, boleh langsung ke tanah atau menggunkan tempat khusus. Pembibitan tidak dilakukan di polybag untuk kepraktisan saja. Kalo pembibitan di polybag, satu biji durian harus satu polybag, dan belum tentu setiap biji tersebut akan jadi bibit pohon.

Info penting pembibitan durian: tunas yang keluar dari biji durian akan menjadi akan pohon, sedangkan bagian yang menempel ke biji durian akan menjadi daun/ujung pohon, dan bijinya kan melepas sendiri.

Dengan mengetahui info penting ini, kita bisa menyiapkan tempat/daerah yang sesuai untuk pembibitan. Yang saya lakukan adalah menempatkan biji durian seperti barisan, dengan jarak tiap biji sekitar 5cm. Untuk pembibitan dalam jumlah banyak bisa dibuatkan beberapa barisan biji durian.

Beri peneduh untuk menutupi biji durian dari sengatan Matahari langsung, khususnya Matahari siang hari. Jika biji durian terkena sinar Matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, biji durian akan kering dan berwarna hitam. Peneduh juga mempercepat tumbuhya tunas dari biji. Jangan lupa disirami agar tanah persemaian selalu dalam keadaan basah. Peneduh bisa menggunakan triplek, atau gentang aluminium yang berukuran 1 meter, bisa langsung ditutup diatas biji duriannya. 
  
Gambar 1. Penempatan biji durian untuk pembibitan ditempat semai atau tanah
Gambar 2. Munculnya tunas dari biji durian

Setelah beberapa 3-4 hari (yang cepat) sampai 7-14 hari (yang lama) akan tumbuh tunas dari biji durian seperti pada gambar 2 (ingat info penting diatas). Setelah tumbuh tunas, biji durian bisa dipindahkan kedalam polybag yang sudah diberi tanah dan media tanam. Setelah beberapa minggu, tunas akan bertambah panjang dan melengkung dan siap menjadi bibit pohon durian (gambar 3). Jangan lupa selalu disiram, kecuali dalam musim hujan tidak perlu sering disiram.

Gambar 3. Pembibitan durian dari biji dalam polybag

Comments